PROFIL LULUSAN
Program Doktor (S3) Pendidikan MIPA Pascasarjana Universitas Jambi dapat menghasilkan lulusan yang mampu sebagai:
- Pemikir dan pengembang (developer) pendidikan MIPA, pendidikan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dan pendidikan Kesehatan Lingkungan (Kesling), yang dapat mengembangkan pendidikan berdasarkan riset dan
menguasai filosofi keilmuan pendidikan MIPA, pendidikan kesmas, pendidikan kesling, - Peneliti (researcher) dibidang pendidikan MIPA, pendidikan kesehatan masyarakat dan pendidikan kesehatan lingkungan,
- Evaluator program pendidikan MIPA, pendidikan kesehatan masyarakat dan pendidikan kesehatan lingkungan pada tingkat satuan pendidikan dasar, menengah maupun di tingkat perguruan tinggi.
KOMPETENSI LULUSAN
- Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu bidang pendidikan MIPA, pendidikan kesmas dan
pendidikan kesling, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; - Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang pendidikan MIPA, pendidikan kesmas dan pendidikan kesling, yang
dihasilkan dalam bentuk disertasi, serta mempublikasikan 2 tulisan pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi; - Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam rangka mengembangkan dan
/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang Pendidikan MIPA, pendidikan kesmas dan pendidikan kesling berdasarkan kajian tentang ketersedian sumberdaya internal dan eksternal; - Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih
luas; - Mampu menyusun argumen dan solusi dibidang pendidikan MIPA, pendidikan kesmas dan pendidikan kesling, berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat
dipertanggungjawabkan secara ilmiah; - Mampu mengembangkan dan memiliki integritas, kreativitas, inovasi dan peka terhadap perkembangan dan perubahan yang terjadi;
- Menganalisis secara mendalam dan memberi solusi berbagai persoalan pendidikan dalam kaitannya dengan pendidikan MIPA, kesmas dan kesling.